[Klik]

✔ Klasifikasi Komputer



1. Berdasarkan Jenis Data yang diolah
a. Komputer analog : Komputer yang mengolah data yang bersifat kualitatif dan kontinyu berdasarkan sinyal analog.
Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan dan digunakan kegiatan ilmiah. Misalnya untuk thermometer (pengukur suhu), radar,voltase listrik, mengukur kekuatan cahaya, mengukur kecepatan suara, resistansi udara, pengukuran gempa dan lain-lain.
b. Komputer digital : Adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.
Komputer ini biasanya digunakanpada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik dan juga komputer PC (Personal Computer). Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:
1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri,
3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
c. Komputer hibrid : Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. Jadi Komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Biasanya digunakan untuk faximile.
2. Berdasarkan Bidang Masalah ( Kegunaan )
a. Special Purpose Computer : Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukan ke dalam komputer ini. Special purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan otomatis pada proses-proses industri seperti misalnya pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja, untuk kasir pada supermarket serta untuk tujuan militer.
b. General purpose computer : Komputer jenis ini dapat menyelesaikan berbagai macam masalah dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan yang berbeda. General purpose computer digunakan untuk aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permaina, termasuk Personal Computer.
3. Berdasarkan Kemampuan Komputer.
a. Small Scalle Computer : Komputer skala kecil atau kemampuan proses dalam jumlah kecil yang memiliki kapasitas antara 64 Kb sampai 8 Mb dan dapat menangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.
b. Medium Scalle Computer : Komputer untuk skala menengah yang memiliki kapasitas antara 512 Kb sampai 8 Mb dan dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.
c. Large Scalle Computer : Komputer untuk skala besar yang memiliki kapasitas antara 512 Kb sampai 8 Mb, namun komputer ini mempunyai kecepatan yang lebih tinggi. Pada mesin tersebut dapat diakses perangkat dan software yang lengkap. beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan digunakan pada perusahaan-perusahaan besar, seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tiap-tiap cabang kantor mempunyai terminal yang dihubungkan dengan pusat komputernya.
4. Berdasarkan Ukuran Phisik Komputer
a. Micro Computer (Personal Computer) : Merupakan jenis komputer yang ukuran fisiknya kecil, tetapi mempunyai kemampuan untuk mengolah data dalam jumlah yang besar. Digunakan untuk single user atau satu orang. Contoh: Laptop / notebook dan Pocket Computer.
b. Mini Computer (Midrange computer) : Merupakan komputer yang bersifat multi user yaitu komputer yang digunakan untuk banyak pemakai pada saat yang bersamaan. Komputer mini mempunyai kemampuan beberapa kali lebih besar jika dibanding dengan micro komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada Micro komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil. Contoh : IBM AS-400

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama

" Awaluddin Ma’rifatullah "

Aku lebih suka mengibaratkan hati ini seperti air.
Meski gampang berubah namun tak mudah terluka..
| Copyright ☯ By : EryBoy1304 | Fanspage : Black ☯ White Love